Minggu, 10 Agustus 2014

Sejarah Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Sejarah Agama Hindu dan Budha di Indonesia

Bangsa Indonesia yang sebelumnya memiliki kebudayaan yang aslitidak begitu saja menerima budaya – budaya baru tersebut. Proses masuknya pengaruh budaya Indonesia terjadi karena adanya hubungan dagang antara Indonesia dengan India. Pengaruh kebudayaan Hindu –Budha di Indonesia ini dapat dilihat dari peninggalan sejarah dalam berbagai bidang, antara lain seperti berikut. 

a. Bidang Budaya
Sebelum budaya Hindu – Budha datang di Indonesia telah berkembang kepercayaan yang berupa pemujaan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan itu bersifat animisme dan dinamisme. Animisme merupakan suatu kepercayaan terhadap suatu benda yang di anggap memilik roh atau jiwa. Dinamisme merupakan suatu kepercayaan bahwa benda memiliki kekuatan gaib. Dengan masuknya kebudayaan Hindu dan Budha, masyarakat Indonesia secara berangsur-angsur memeluk Agama Hindu dan Budha. 

b. Bidang Politik
Sistem pemerintahan kerajaan dikenalkan oleh orang-orang India. Dalam system ini, kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan wilayah yang luas. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas tampuk kekuasaan dan kerajaan. Kemudian pemimpin ditentukan secara turun temurun berdasarkan hak waris sesuai dengan peraturan hukum kasta. Oleh karena itu, lahir kerajaan –kerajaan, seperti kutai , Tarumanegara, Sriwijaya, dan kerajaan Hindu dan Budha yang lain. 

c. Bidang Sosial

Masuknya kebudayaan Hindu menjadikan masyarakatIndonesia mengenal aturan kasta yaitu : Kasta Brahmana ( kaum pendeta dan kaum sarjana ) , Kasa Ksatria ( para prajurit pejabat dan bangsawan ), Kasta Waisya ( pedagang dan petani, pemilik tanah dan prajurit ), Kasta Sudra ( rakyat jelata dan pekerja kasar ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar